Kamis, 27 April 2017

Hukum Kerja Malam Hari Menurut Islam

Hukum Kerja Malam Hari Menurut Islam - Allah SWT sudah menciptakan siang dan malam, dimana siang waktunya untuk bekerja dan malam untuk beristirahat.

Seperti dalam firman Allah dalam QS. Al-Qashash : 73, yang artinya “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya”.

Lalu bagaimanakah Hukum Bekerja Malam Hari Menurut Pandangan Islam?
Berikut penjelasannya :



Allah SWT berfirman dalam QS. A-Ruum ayat 23, yang artinya :

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”.
Allah juga berfirman dalam QS. Yunus ayat 67 :

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.”

Dalam QS. An-Naba ayat 11, Allah juga berfirman :

“Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan”

Meninjau dari beberapa firman Allah SWT diatas, maka sudah jelas bahwa pada malam hari adalah waktunya untuk istirahat, jadi hukum bekerja pada malam hari adalah menyalahi hukum alam (Sunnatullah).

Akan tetapi bekerja pada malam hari akan diperbolehkan jika hal tersebut adalah sesuatu yang darurat atau dalam keadaan yang memaksa, atau perkerjaan yang memang harus dilakukan dimalam hari seperti Satpam, polisi yang bertugas jaga malam atau tim pemadam kebakaran, dll. karena dalam Islam akan memberikan toleransi terhadap hal yang demikian, selama hal tersebut tidak menimbulkan kemungkaran, pekerjaan yang mengarah pada kemaksiatan, tidak meninggalkan shalat lima waktu dan shalat secara berjamaah atau tidak menyebabkan shalat di luar waktunya.

Itulah penjelasan mengenai Hukum Kerja Malam Hari Menurut Islam, semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Copas dari info cpns 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebakaran Rumah Tinggal di Haurgeulis

 Kebakaran Terjadi pada hari Kamis  9 februari 2022, pada pukul 11.30 .  Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu mengerahkan 1 unit Mobil Damk...