Kamis, 27 April 2017

Sejarah Hari Pemadam Kebakaran



1. Sebelum Abad 20, sebelum ada brandweer atau pemadam kebakaran, orang mengandalkan jasa tukang ronda, dengan media kentongan sebagai tanda, jika kentongan tersebut dipukul secara terus-menerus maka ada kejadian kebakaran.

2. Kemudian, di kampung-kampung dibentuk kelompok pemadam kebakaran (dijuluki anak pompa). Anggotanya terdiri dari para pemuda yang merupakan cikal bakal barisan sukarelawan pemadam kebakarab/balakar.
3. Pemerintah hindia belanda, dalam hal in resident op batavia membentuk satuan pemadam yang disebut dengan brandweer pada tahun 1873, melalui reglement op de brandweer in de afdeeling stand vorstenden van batavia.
4. Pada tahun 1913 terjadi kebakaran besar di pasar mester jatinegara (perkampungan melayu), kemudian dengan semangat juang yang tinggi brandweer atau petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman sampai api padam tanpa kenal rasa takut dan tanpa kenal lelah, sehingga muncullah moto “pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya”.
5. Berkaca pada kebakaran besar tersebut, pada tahun 1919 walikota batavia mengorganisir kegiatan pemadam kebakaran, ditandai dengan didirikannya kantor brandweer batavia.
6. Perubahan berikutnya pada tanggal 31 juli 1922 keluar pengaturan bataviasch brandweer reglement.
7. Pada saat pemerintahan jepang, pada tanggal 20 april 1943 muncul osamu sirei nomor duai tentang syoobotai atau disebut pemadam kebakaran.
8. Terdapat prasasti peringatan dan ucapan terima kasih masyarakat betawi atas jasa brandweer batavia, atau yanng sekarang disebut petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan, dnegan pencantuman angka tahun 1919-1929.
9. Berdasarkan bukti otentik prasasti ini, tanggal 1 Maret 1919 ditetapkan sebagai tahun berdirinya organisasi pemadam kebakaran DKI Jakarta, sekarang telah berusia 97 tahun.
10. Salah satu kesepakatan rakornas tahun 2008, yang dihadiri para kepala damkar, disepakati bahwa tanggal 1 Maret 1919 ditetapkan sebagai hari lahirnya pemadam kebakaran yang diperingati setiap tahun secara nasional dan di masing-masing daerah.
11. Pada tanggal 1 Maret 2016 diperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke 97 di lapangan Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebakaran Rumah Tinggal di Haurgeulis

 Kebakaran Terjadi pada hari Kamis  9 februari 2022, pada pukul 11.30 .  Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu mengerahkan 1 unit Mobil Damk...